PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN

img

Pemerintah Kota Pontianak  melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak terus berupaya mengembangkan dan berinovasi Pengembangan perpustakaan dan inovasi pemberdayaan Perpustakaan.

Perpustakaan Kota Pontianak telah berupaya untuk berinovasi dalam mengembangkan Perpustakaan Kota Pontianak  yaitu  usaha memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk mendekatkan fungsi perpustakan kepada masyarakat dengan maksud menunjang penyediakan bahan bacaan yang bervariatif, informatif, edukatif dan sehat bagi masyarakat, penyediana ruang baca yang nyaman bagi pengunjung serta memfasilitasi kebutuhan Pengunjung akan ketersediaan informasi dan lagi promosi yang dilakukan berupa pamlet, brosur, stiker, pameran.

Ini dirasakan peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan yang signifikan, pada tahun 2014 pengunjung sekitar 8.452 orang meningkat menjadi 19.946, apabila di akumulasi dengan pengunjung rumah baca, mobil  keliling, mobil Pintar pada tahun 2014 jumlah pengunjung sekitar 21.621 meningkat menjadi 40.270 pada tahun 2015.

Inovasi yang di laksanakan Perpustakaan Kota Pontianak selain Pengembangan Perpustakaan, adalan Pemberdayaan Perpustakaan, Program Pemberdayaan Perpustakaan Yaitu Program kegiatan Perpustakaan yang melibatkan masyarakat dalam mendekatkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat.

Perpustakaan Kota Pontianak dalam pemberdayaan Perpustakaan telah menjalain kemitraan dengan Komunitas Pemuda Pemerhati Perpustakaan seperli kemitran yang dijalin Perpustakaan Kota Pontianak dengan FIM (Forum Indonesia Menulis) dalam penyediaan penyelenggaraan Ruang Baca Publik bertempat di Car Free Day Komplek Mesjid Raya Mujahidin Pontianak. dan  Kemitraan dengan IRC (intelligence Reading Comunity)untuk mengerakan anak anak di panti asuhan untuk membaca buku dan story Telling.

Selain menjalin kemitraan dengan Komunitas Pemuda, Perpustakaan Kota Pontianak mengaktifkan kembali perpustakaan  di Kelurahan, baik itu yang digerakkan oleh Pemerintahan Kelurahan  bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga swadaya Masyarakat Murni yang berada di kelurahan, ini merupakan usaha Perpustakaan Kota Pontianak untuk mendekatkan fungsi Perpustakaan kepada masyarakat dan meningkatkan  minat baca masyarakat untuk memamfaatkan waktu luang dengan membaca agar tercipta masyarakat yang cerdas, berpengetahuan, berdayasaing, kreatif, dinamis, produktif  mandiri. (ardy arsip)