KPAD Kota Pontianak Umumkan 5 Naskah Karya Terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah/Budaya Kalbar K

img

 


Agenda Lomba Penilaian  Naskah Karya Tulis pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah dan Budaya/ merekonstrusi sejarah/budaya Kalimanatan Barat Ke-3 yang digelar oleh Pemerintah Kota Pontianak melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak pada yang digelar dari  sejak tanggal  5 April tanggal 3 Juni 2016 mendatang, telah menuntaskan tahap penilaian naskah.

Seperti di paparkan Kepala Kantor Drs. H. Dwi Suryanto, M.Si usai memimpin rapat staf Dari Tema yang di usung panitia antaranya Peristiwa-peristiwa Sejarah yang terjadi di Kalimantan Barat, Peran Tokoh Daerah Dalam Peristiwa Sejarah Lokal Kalimantan Barat, Sejarah Pelembagaan yang Terkait dengan Peristiwa Sejarah Daerah Lokal/serta Budaya dan Kearifan Lokal/Daerah Kalimantan Barat.

Naskah – naskkah yang masuk ke meja Panitia pada pada LKTI Sejarah/Budaya Kalbar Ke-3 tahun 2016 kali ini sejumlah 40 karya tulis ilmiah yang di ikuti oleh masyarakat umum dam mahasiswa di wilayah Kalimantan Barat. Pada tahun ini partisipasi masyarakat atas usaha Pemerintah Kota Pontianak dalam menumbuhkan peranserta masyarakat mengangkat budaya/sejarah lokal Daerah seperti  diamanahkan Dewan Pertimbangan Presiden dalam kunjungan ke Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak pada waktu yang lalu meningkat dibanding dengan pelaksanaan lomba serupa pada tahun 2014 yang sebelumya  naskah yang masuk sejumlah  19 karya,

40 karya tulis ilmiah telah dinilai dewan juri, dengan beberapa kriteria penilaian  antara lain, Pemilihan judul, Kesesuaian tema dengan judul, Metodelogi Penulisan, Penggunaan bahasa, serta Kelengkapan data dari naskah yang dinilai

dan Dwi Suryanto (Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak. Red) mengungkapkan pula Selamat bagi 5 Naskah Terbaik LKTI Sejarah dan Budaya Kalbar Ke-3 Kepada :

1

Hera Yulita

IKIP PGRI

Syair Gulung : Simpul Kearipan Lokal Masyaraka Kabupaten Ketapang dalam Membangun semangat Nasionalisme

2

Miswan

Universitas Muhammadiyah Pontianak

Hilangnya eksistensi Permainan Tradisional Lompat Tali Pisang si Desa Sarang Burung Kuala Kecamatan Jawai

3

Alang Gunarto

Umum

Kiprah Bulyan Mustafa Dalam Sejarah Perkembangan Lagu Daerah Sambas 1960 – 2015

4

Fithriyah

Universitas Tanjung Pura

Wayang Gantung Sebagai Kesenian Khas Etnis Tionghoa Di Kota Singkawang

5

Devi Purnamasari

IKIP PGRI

Penyebaran Agama Islam oleh Mufti Haji Ismail Mundu Di Kerajaan Kubu Tahun 1904 -1957

 

5 Naskah terbaik akan di presentasikan di depan Dewan Juri dan seluruh peserta lain dan bagi peserta yang berhasil meraih 5 karya Tulis terbaik dapat mempersiapkan bahan presentasinya dalam bentuk Power Point, serta Bedah Naskah 5 KaryaTulis Terbaik  rencana akan di gelar tanggal 3 Juni 2016 di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak. Jalan Alianyang NO.7B Lantai 2 Pukul 08.00 WIB. Diharapkan peserta lain dapat hadir pada pada acara Bedah Naskah 5 terbaik LKTI Sejarah atau Budaya nanti.

Kami berterima kasih kepada seluruh Peserta telah berpartisipasi pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah dan Budaya Kalimantan Barat Ke-3 ini, dan Balai Kajian Sejarah dan Nilai – Nilai Tradisional Provinsi Kalimantan Barat serta pihak lain yang telah mensuport penuh terselenggaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah dan Budaya Kalimantan Barat Ke-3  yang kami gelar 2 Tahun sekali ini pungkas Dwi Suryanto. (ardy arsip)