HASIL LOMBA KARYA TULIS KEARSIPAN TAHUN 2018

img

Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan Ke- 4 Tahun 2018 yang  digelar oleh Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Perpustakaan Kota Pontianak telah menuntaskan  Akhir tahapan Lomba, yaitu Presetasi dan Pembagian Hadiah bagi pemenang, tahapan ini dilaksanaka padaTanggal 17 November 2018.

Dari 28 naskah karya tulis yang masuk ke meja panitia memloloskan 4 Naskah terbaik yang di presentasi kan didepan para peserta lain. Acara Bedah 4 karya terbaik ini di buka langsung oleh PLT. Kepala Dinas Perpustakaan Kota Pontianak Drs. H. Dwi Suryanto, M. Si, beliau menyatakakn bahwa Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan Ini merupakan kegiatan yang  di laksanakan oleh Seksi Pembinaan Dan Pengelolaan Arsip Dinas Perpustakaa Kota  Pontianak dengan maksud memberdayakan arsip Statis atau Arsip yang mempunyai nilai guna yang berkelanjutan seperti nilai guna sejarah, nilai guna penelitian dan memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya arsip tersebut yang berperan untuk menggali mengurai dan menjalin kembali sejarah daerah Kalimantan Barat yang pernah terjadi dan Kearifan lokal/ daerah yang pernah berkembang di tengah kehidupan masyarakat Kalimantan Barat.

Selain itu beliau menyatakan Kegiatan ini merupakan pengembangan literasi suatu bahan bacaan yang dijadikan referensi dalam mengembagkan budaya tulis. Dan diharapkan nantinya muncul penulis-penulis muda yang terus membuat karyanya tentang  sejarah kalimantan Barat / kebudayaan dan konten-konten lokal yang dirasakan masih kurang.

Dari Bedah Karya Terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan Ke-4 Tahun 2018 kemarin (17/11) terpilih :

Nama

Status Peserta

Predikat

Judul Karya Tulis Ilmiah

Wahyudi

Umum

Juara I

Haji Muhammad Yusuf Saigon dan Perniagaan di Pontianak awal abad ke-20

 

Umum

Juara II

Trisila dalam Tradisi masyarakatDayak “adil Ka’ talino, Bacuramin Ka’ saruga, Basangat Ka’ jubata”

Romdlon

Umum

Juara III

Ketokohan Sultan Syarif Abdurrahman Alkadri  “maestro berdirinya Kota Pontianak”

Rizki Putriani

IAIN Pontianak

Juara Harapan I

Tradisi Saprahan Masyarakat Melayu Kalimanatan Barat

 

Saat di temui di sela-sela usai acara lomba Kasi Pembinaan dan Pengelolaan Arsip,Ibu Djumarni, SE menyampaikan bahwa, “ Dari seluruh rangkaian kegiatan dari tahap awal Penyerahan Naskah samapai Presentasi  dan penyerahan Hadiah terlaksanan  dengan lancar tidak ada hambatan yang berarti, ini berkat dukungan beberapa pihak yang  berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, Kami mewakili Dinas Perpustakaan Kota Pontianak berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung lancarya kegiatan  tersebut seperti Balai Pelestarian Nilai-Nilai Tradisiolal Kalimantan Barat, Bagian Humas & Protokol Setda Kota Pontianak, teman teman Media cetak, elektronik dan online, club/komunitas Penulis, Tim Lomba yang selalu Solid sampai akhir kegiatan dan pihak pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu sekali lagi “ Terima Kasih”, Sampai berjumpa kembali pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearsipan Ke-5 Kota Pontianak Tahun 2020 Mendatang dengan Karya Tulis Ilmiah yang Lebih Berkualitas” pungka Beliau. (ardy/arsip)